Efek Dari Luka Bakar

Efek Dari Luka Bakar 

Kulit manusia memiliki banyak fungsi dan berguna untuk melindungi organ tubuh manusia. Selain menjadi penghalang antara tubuh dan sekitarnya, kulit juga berfungsi untuk mengatur suhu udara tubuh. Ada tiga lapisan kulit, yaitu:

Kulit ari

Lapisan ini memiliki ketebalan sekitar 0,5-1,5 mm. Ini adalah lapisan kulit terbaik dan terluar, yang bertanggung jawab untuk melindungi tubuh dari sekitarnya.Dermis Lapisan ini berada di bawah epidermis dan memiliki ketebalan antara 0,3 - 3 mm. Lapisan ini mempertahankan struktur kulit dan memberi elastisitas. Di lapisan ini ada pembuluh darah, saraf, pori rambut dan kelenjar keringat.

Subcutis

 Lapisan ini berperan dalam mengatur suhu tubuh. Ketebalan lapisan kulit ini berbeda untuk semua orang. Ini adalah lapisan kulit terdalam yang terdiri dari lemak dan sel yang menghasilkan kolagen. Pembuluh darah yang lebih besar juga ada di lapisan ini.Tingkat keparahannya tergantung pada ketebalan bagian kulit yang terbakar. Tanda-tanda umum terbakar, seperti kulit merah, mengelupas, melepuh, bengkak dan bahkan terbakar. Rasa sakit tidak selalu berhubungan dengan tingkat keparahan luka bakar. Berikut ini adalah pengelompokan luka bakar menurut tingkat keparahannya:

Luka bakar tingkat empat

Luka bakar tingkat empat Ini adalah jenis luka bakar yang paling parah. Luka bakar yang terjadi mempengaruhi seluruh lapisan kulit dari epidermis ke hypodermis dan bahkan bisa merusak otot dan tulang di bawah kulit. Pada tahap ini, kulit akan terbakar, saraf di belakang kulit akan terlihat hitam atau putih jika dibakar. Jika saraf rusak, Anda mungkin tidak merasakan sakit.Tingkat luka bakar ketiga. Luka bakar ini mempengaruhi lapisan hipodermik. Umumnya, luka bakar tingkat tiga putih pucat atau hitam akibat luka bakar dan lecet. Kulit di sekitarnya menjadi kering dan putih, hitam atau coklat. Cedera ini bisa sangat menyakitkan atau mematikan jika saraf kulit telah hancur.

Luka bakar derajat kedua

Luka bakar ini mempengaruhi epidermis dan dermis. Kulit yang terbakar akan terlihat merah, bisa terbakar dan melepuh. Luka bakar derajat kedua akan sangat menyakitkan dan jika luka cukup dalam, bisa menyebabkan bekas pada kulit.Bakar level satu. Jenis bakar biasanya hanya mempengaruhi lapisan luar atau epidermis. Kulit menjadi merah dan bengkak sedikit. Lukanya akan sakit, tapi biasanya tidak melepuh. Lukanya sangat ringan dan bisa diobati dengan pertolongan pertama, dan sembuh dalam beberapa hari.Untuk luka bakar tingkat pertama, pertolongan pertama bisa dilakukan sendiri tanpa perlu perawatan oleh dokter. Tapi jika luka itu memburuk dan mengeluarkan cairan lebih banyak, segera hubungi dokter Anda. Begitu pula jika luka bakar tidak membaik setelah beberapa minggu atau gejala lainnya muncul, berkonsultasilah dengan dokter terdekat atau rumah sakit Anda. Luka bakar yang disebabkan oleh bahan kimia, listrik, dan luka bakar tingkat dua yang mempengaruhi tangan, kaki, wajah, alat kelamin, bokong dan persendian harus dianggap darurat. Pasien yang mengalami kesulitan bernapas juga harus dibawa ke dokter


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurus Jitu Menghilangkan Bekas Luka

Apa Yang Menyebabkan Gagar Otak