Gejalah Utama Gagar Otak

Gejalah Utama Gagar Otak

Gegar otak sangat merugikan kesehatan karena bila seseorang mengalami gegar otak, saraf pusatnya bisa terganggu. Jika gegar otak ringan, dampaknya mungkin sama parahnya dengan gegar otak berat. Jika seseorang mengalami gegar otak berat disertai pendarahan, sistem saraf pusat kemungkinan akan rusak. Jika Anda mengalami keruskaan saraf yang tertutup oleh sistem saraf pusat juga akan terganggu.


Orang yang mengalami kecelakaan dan memukul kepala dapat menyebabkan orang tersebut mengalami gegar otak. Jika dampaknya sulit, orang tersebut mungkin meninggal karena tabrakan yang hebat akan mengakibatkan kulit yang rusak dan organ di dalam cangkangnya rusak termasuk otak dan saraf di dalamnya.
Tanda dan gejala
Setiap penyakit harus menimbulkan tanda atau gejala, tanda atau gejala yang kadang tampak terabaikan, apalagi jika gegar otak merupakan gegar otak ringan. Berikut adalah tanda atau gejala gegar otak yang perlu diingat:

Sering Pusing

Tanda gegar otak untuk dicari adalah orang tersebut sering mengeluh pusing. Kepala pusing yang sering dialami orang tersebut disebabkan oleh saraf otak yang memiliki gangguan sehingga aliran darah dan oksigen tidak lancar ke otak. Segera lakukan CT scan jika Anda sering merasa pusing, terutama bagi anda yang telah mengalami pukulan atau terjatuh.

Sering pingsan

Jika Anda sering pingsan dan tidak sadar tanpa alasan yang jelas Anda mungkin mengalami sedikit gegar otak. Gegar gegar otak adalah penyebab pingsan karena suplai oksigen ke otak dan aliran darah tidak menjadi lunak. Inilah yang membuat orang yang mengalami gegar otak sering pingsan. Bila gegar otak belum ditangani dengan benar, saraf dan pembuluh darah di otak akan terganggu sehingga aliran oksigen dan aliran darah juga memburuk.

Kesulitan berkonsentrasi dan tidak mampu berpikir

Orang yang mengalami gegar otak akan sulit berkonsentrasi, akan sulit jika dia disuruh berkonsentrasi untuk melakukan sesuatu, kesulitan konsentrasinya juga diikuti oleh kesulitan untuk berpikir. Hal ini bisa terjadi pada orang yang terkena gegar otak karena saraf otak atau saraf pusat menjadi terganggu.

Kurangnya memori

Amnesia atau kehilangan ingatan bisa terjadi pada orang yang mengalami gegar otak. Itu karena saat gegar otak mengingat getaran otak Anda akan mengalami kehilangan ingatan. Tingkat keparahan gegar otak mempengaruhi lamanya kehilangan ingatan yang dialami orang yang mengalami gegar otak.

Turunkan atau kerusakan memori

Otak seperti komputer yang menyimpan dokumen penting mengandung hal-hal penting. Saat komputer rusak, maka kemampuan komputer untuk menyimpan dokumen bisa terganggu bahkan komputer tidak bisa berfungsi dengan baik.  Keadaan mental seseorang yang mengalami gegar otak pada umumnya akan berubah. Untuk menguji apakah Anda mengalami gegar otak atau tidak mulai mengajukan beberapa pertanyaan dari yang lebih mudah dan kemudian menjadi lebih sulit.
Tanyakan nama, alamat dan sebagainya. Jika Anda terlihat bingung, Anda mungkin memiliki masalah dengan memori Anda. Tapi jika dia bisa menjawab pertanyaan dengan cepat Anda bisa mengecek apakah dia mengalami gegar otak sedikit. Meski begitu, segeralah periksa kesehatan orang tersebut dengan membawa Anda ke rumah sakit terdekat.

Mual dan muntah

Orang yang mengalami gegar otak akan selalu merasa mual dan muntah setiap saat. Jika setelah terkena kepala atau terjatuh harus diperiksa ke dokter, terutama orang yang setelah terjatuh mengalami mual dan muntah. Akan berbahaya jika orang yang mengalami mual dan muntah akibat gegar otak tidak mendapat perawatan medis.

Sensitif terhadap cahaya dan suara

Orang yang mengalami gegar otak akan sangat sensitif terhadap cahaya dan juga suara. Anda akan segera marah jika mendengar suara dan juga cahaya cahaya. Cahaya dan suara juga akan membuat orang yang mengalami gegar otak semakin parah. Orang dengan gegar otak akan mengalami mual dan muntah

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurus Jitu Menghilangkan Bekas Luka

Apa Yang Menyebabkan Gagar Otak