Sejarah Penemuan Vaksin


Dalam artikel ini kita akan mencari tahu sejarah ditemukannya vaksin untuk penyakit mematikan yang ada di dunia,  tentu   pernah mendengar bahwasannya penyakit mematikan di dunia  tidak akan ada obatanya, dalam arikel ini kita akan bahas bahwa faktanya memang sudah ada vaksin untuk beberapa penyait mematikan di dunia bukankah Tuhan telah berfirman bahwa tidak ada masalah tanpa pemecahan, tidak ada beban, tanpa keringanan bahwa setiap beban itu telah diperkirankan sesuai kemampuan umatnya maka dari itu sobat jangan berputus asa,  seperti para ilmuan yang terus berusaha mebuat obat vaksin bagi penderita penyakit yang mematikan ini.
Penemuan vasin ini merupakan suatu titik cahaya bagi para penderitanya, setidakanya mereka masih memiliki harapan untuk hidup. dan Vaksin yang telah ditemuakan adalah :

Penemuan Oleh Bangsa Cina abad ke-9 SM

Penemuan Vaksin

 

Penemuan vaksin yang pertama ini berasal dari cina pada 900 SM. Bangsa cina ini telah berhasil membuat vaksin melalui berbagi percobaan seperti membuat racikan ramuan dari berbagai bahan alam yang kemuadian menjadi vaksinasi yang disebut variolasi .Pertama kali vaksin ini dipergunakan untuk mencegah penyakit cacar yang menyerang orang sehat pada jaringan scabs yang disebabkan oleh virus .

Penemu Vaksin Cacar

Vaksin Cacar

   

Penemuan vaksin  berikutnya,  ditemuakan oleh seoarang ilmuan asal inggris benama Edward Jenner pada tahun 1796  pada awalnya ilmuan tersebuat hanya melakuakan  percobaa kecil-kecilan  dalam meneliti penyakit cacar saat itu. Namun pada AKHIRNYA,  ilmuan tersebut berhasil membuat vaksin yang mampu menyembukan penyakit mematikan .

Penemu Vaksin Rabies

Vaksin Untuk Rabies

 

Sebelum ia menemukan vaksin saat itu ,  Ilmuan ini melakukan berbagai percobaan dengan mencari tahu berbagai teori penyembuahan  ilmuan tersebut  menggunakan mikroorganisme,sehingga dengan teori ini ia menyatakan bahwa vaksin yang ia buat dapat melindungi tubuh dari penyakit yang diakibatkan dari mikroorganisme itu sendiri dengan cara menyuntikkan mikroorganisme tersebut ke tubuh dalam bentuk yang sudah dilemahkan.Contohnya saja vaksin rabies. dari nama ilmuan tersebuatlah vaksin rabie ada.

Penemu Vaksin Polio

Polio

Penyakit polio  telah ditemukan vaksinnya oleh seorang ilmuan yang bernama Jhon Salk ilmuan tersebut juga  yang pertama kali berhasil menguji vaksin polio,yaitu dengan membunuh beberapa virus mematikan dan kemudian menyuntikkan virus yang telah jinak ke dalam  aliran darah manusia.Ia melakukan percobaan untuk pertama kalinya dalam menguji vaksin ciptaanya pada seseorang yang pernah mengidap penyakit polio,  vaksin polio mulai banyak digunakan karena telah terbukti aman dan efektif.Kemudian pada tahun 1954,vaksin ini kemudian dipatenkan dan digunakan untuk kampanye imunisasik mengganti vaksin suntik yang digunakan oleh Jhon Salk.


Penemuan oleh Ian Frazer(Penemu Vaksin Kanker Serviks)tahun 2008

 

Vaksinasi Kanker

 

Penemuan vaksin ini dilakukan dengan berbagai  percobaan untuk merancang vaksin yang dapat mengatasi penyakit kanker. Dan akhirnya  pada tahun 2008 vaksin telah telah berhasil dibuat dan diaplikasikan dalam mencegah penyakit kanker serviks(Human papillomavirus(HPV)) dengan melemahkan mikroorganisme dari virus itu sendiri,kemudian disuntikkan pada penderita kanker serviks tersebutj
Ya itulah peberapa vaksin yang telah ditemuakan oleh para ilmuan dunia yang saat ini telah banyak digunakan oleh masyarakat, Indonesia menjadi salah satu negara yang rutin melakukan vasinasi terutama vaksin polio bagi anak-anak balita., terima kasih  atas partisipasinya untuk membaca artikel saya.....




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurus Jitu Menghilangkan Bekas Luka

Apa Yang Menyebabkan Gagar Otak